Pengenalan identifier dalam pemrograman Pengguna Csharp

Pengenal program adalah nama-nama yang kita definisikan di dalam kode program, baik untuk nama namespace, kelas, metode, variabel, konstanta, maupun yang lainnya. Pengenalan identifier dalam pemrograman Pengguna Csharp Nama yang digunakan sebagai pengenal sebenarnya bebas, bisa apa saja, sesuai dengan yang kita kehendaki. Meskipun demikian, terdapat beberapa aturan yang perlu diperhatikan saat mendefinisikan pengenal program, yaitu:

Baca Juga >>> Element dasar Bahasa C#

  •  Pengenal program tidak boleh mengandung spasi. Contoh:

Pengenal program tidak boleh mengandung karakter simbol, kecuali underscore (_) dan @. Penggunaan tanda @ sebenarnya hanya ditujukan untuk nama-nama yang merupakan kata kunci di dalam C#. Meskipun demikian, kita masih dapat menggunakan tanda tersebut untuk mendefinisikan nama lain (selain kata kunci), asalkan ditempatkan pada

  • posisi pertama.

Contoh:

  • Pengenal program tidak boleh diawali oleh angka. Contoh:

Pengenal program tidak boleh menggunakan kata kunci (keyword) yang sudah didefinisikan di dalam bahasa C#. Apabila Anda terpaksa harus menggunakan nama tersebut, maka Anda harus menyertakan tanda @ di depannya. Pengenalan identifier dalam pemrograman Pengguna Csharp

Contoh:

Gunakan nama yang deskriptif sesuai dengan kebutuhan program. Sebagai contoh, untuk membuat variabel yang digunakan untuk menyimpan nilai panjang dan lebar dari persegi panjang, kita dapat menggunakan nama panjang dan lebar, atau p dan 1; bukan x dan y, a dan b, atau nama-nama lain yang sepertinya tidak mencerminkan nilai panjang dan lebar. Pengenalan identifier dalam pemrograman Pengguna Csharp

Kata Kunci (Keyword) dalam C#

Setiap bahasa pemrograman komputer memiliki sekumpulan kata kunci sendiri, yang berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya, meskipun beberapa mungkin ada juga yang sama. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kata kunci tidak dapat digunakan sebagai pengenal program, kecuali jika ditambahkan tanda @ di depannya. Meskipun demikian, sangat direkomendasikan bagi Anda untuk tidak menggunakan kata kunci sebagai pengenal program. berikut ini adalah daftar kata kunci yang terdapat di dalam C# yang mengacu ke C# 5.0 (Visual studio 2019). Pengenalan identifier dalam pemrograman Pengguna Csharp

Selain kata kunci di atas, C# juga menambahkan beberapa kata kunci yang hanya digunakan untuk konteks-kontens tertentu saja. Kata kunci ini sering disebut dengan contextual keyword. Berbeda dengan kata kunci di atas (disebut reserved keyword), kata kunci dalam contextual keyword dapat

digunakan sebagai nama variabel maupun pengenal program lainnya, walaupun hal tersebut tetap tidak direkomendasikan. Berikut ini daftar kata kunci yang termasuk ke dalam contextual keyword. Pengenalan identifier dalam pemrograman Pengguna Csharp

Konsep Pemrograman Berorientasi Objek

C# merupakan bahasa pemrograman yang mengimplementasikan konsep pemrograman berorientasi objek, atau Object Oriented Programming (OOP); sama seperti bahasa pemrograman Java. Anda bisa lihat sepintas dari contoh-contoh program yang telah kita buat sebelumnya bahwa setiap program di dalam C# merupakan kelas, yang didalamnya memiliki metode Main (). Ini berarti bahwa sebelum membuat program di dalam C#, seharusnya Anda tahu betul tentang definisi kelas, metode, arti public, arti static, dan pernak-pernik lain yang berhubungan dengan kelas. Dengan demikian, pemahaman konsep pemrograman berorientasi objek sangat diperlukan Pengenalan identifier dalam pemrograman Pengguna Csharp untuk mempelajari pemrograman C#, apalagi jika Anda bermaksud untuk menjadi seorang programmer C# profesional. Tanpa pengetahuan pemrograman berorientasi objek, Anda tidak akan tahu banyak tentang C# dan tidak akan dapat memahami maksud dari kode-kode program yang ditulis dalam bahasa C#. Pada bagian ini kita akan membahas tentang konsep-konsep dasar pemrograman berorientasi objek. Implementasi dan pembahasan lebih lanjut tentang materi ini akan dibahas dalam bab terpisah, yaitu pada saat kita membahas tentang kelas dan objek.

Dalam pemrograman berorientasi objek, segala permasalahan program akan dipandang sebagai sebuah objek. Ini tentu berbeda dengan metodologi pemrograman yang sempat populer sebelumnya, yaitu pemrograman prosedural. Dalam pemrograman prosedural, segala permasalahan program akan dipandang sebagai sebuah proses (fungsi). Dengan demikian, pemrograman berorientasi objek adalah metodologi pemrograman yang berbasis pada pembentukan objek, sedangkan pemrograman prosedural berbasis pada pembentukan fungsi. Sebagai contohPengenalan identifier dalam pemrograman Pengguna Csharp  kasus sederhana, bayangkan ketika kita akan membuat program yang dapat menghitung luas segitiga. Apabila kita menggunakan metode pemrograman prosedural, kita pasti akan menyiapkan variabel-variabel yang diperlukan dan menuliskan fungsi untuk menyelesaikan perhitungan luas segitiga. Namun, dalam pemrograman berorientasi objek, hal pertama yang akan kita lakukan adalah mendefinisikan kelas yang dapat merepresentasikan objek segitiga. Kelas tersebut digunakan sebagai pembungkus dari variabel-variabel (data) dan operasi-operasi (fungsi) yang diperlukan. Selanjutnya, kita dapat menyelesaikan kasus tersebut dengan cara membentuk objek dari kelas bersangkutan.

Abstraksi (Abstraction)

Abstraksi adalah proses penyembunyian kerumitan atau detail dari suatu proses tertentu di dalam kelas. Ini berarti bahwa pengguna kelas hanya perlu tahu cara menggunakan kelas tersebut tanpa harus tahu detail proses (kode program) yang terdapat di dalam kelas tersebut. Hal ini dapat kita analogikan dengan proses pembuatan objek mobil. Produsen mobil telah melakukan abstraksi terhadap mobil sehingga pengguna mobil hanya perlu tahu pengoperasiannya saja, tidak harus tahu hal-hal detail yang terdapat di dalam mobil. Pengguna mobil tidak perlu tahu tentang sistem kelistrikan di dalam mobil atau bagaimana bagian mesin yang satu dengan yang lainnya bekerja. Pengenalan identifier dalam pemrograman Pengguna Csharp

Abstraksi juga dapat didefinisikan sebagai proses pemodelan kasus-kasus yang terdapat di dunia nyata ke dalam kelas.

Pembungkusan (Encapsulation)

Pembungkusan adalah proses menyatukan anggota-anggota kelas (properti, metode, maupun anggota yang lainnya) ke dalam satu unit tunggal yang disebut kelas. Istilah ‘kelas’ dan ‘objek’ dalam pemrograman berorientasi objek kadang digunakan secara bergantian. Namun, perbedaan antara keduanya adalah dilihat dari bentuk fisiknya. Kelas adalah tipe data (masih berbentuk abstrak), sedangkan objek adalah wujud nyata/konkret (disebut instance) dari kelas. Pada saat kita mendefinisikan suatu kelas tertentu, sebenarnya kita sedang melakukan proses pembungkusan.

Pewarisan (Inheritance)

Pewarisan adalah suatu konsep yang menjelaskan kemampuan untuk membuat kelas baru yang diturunkan dari kelas lain yang sudah ada sebelumnya. Dalam proses ini, sifat-sifat dari kelas lama akan diwariskan ke kelas baru. Dalam pemrograman berorientasi objek, kelas lama sering disebut kelas induk, sedangkan kelas baru sering disebut kelas turunan. Pengenalan identifier dalam pemrograman Pengguna Csharp

Polimorfisme (Polymorphism)

Polimorfisme adalah suatu keadaan dimana kita dapat memiliki banyak kelas yang dapat digunakan secara bergantian, meskipun setiap kelas mengimplementasikan properti atau metode yang sama dengan cara yang berbeda. Polimorfisme juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan suatu objek untuk mengungkap hal berbeda melalui cara yang sama.

Pengenalan identifier dalam pemrograman Pengguna Csharp