Mengenal variabel pemrograman Csharp 2023

Variabel, tipe data, konstanta, nilai (literal), dan operator merupakan elemen-elemen dasar dalam setiap bahasa pemrograman (termasuk dalam C#) yang perlu Anda pahami terlebih dahulu sebelum Anda dapat mengembangkan suatu program tertentu. Dalam bab ini, Anda akan mempelajari tentang cara pendeklarasian variabel, tipe data, konstanta, dan penggunaan literal. Operator baru akan dibahas pada bab selanjutnya (Bab 3 Operator).

Variabel

Variabel adalah salah satu pengenal yang digunakan untuk menampung suatu nilai yang diperlukan di dalam program. Dalam program, nilai akan disimpan di dalam memori komputer pada alamat memori tertentu. Untuk memudahkan akses ke nilai tersebut, kita perlu suatu nama yang direlasikan dengan nilai bersangkutan. Nama inilah yang disebut variabel. Selama eksekusi program, nilai variabel dapat diubah sesuai dengan kebutuhan. Dalam C#, variabel dideklarasikan menggunakan bentuk umum seperti berikut:

Tipe Data Nama Variabel:

Tipe Data berguna untuk menentukan jenis data atau nilai yang nantinya akan ditampung ke dalam variabel (kita akan membahas tentang tipe data pada sub-bab lain dalam bab ini). Berikut ini adalah contoh kode yang menunjukkan proses deklarasi variabel dalam C#.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa setiap nilai di dalam program akan disimpan di dalam alamat memori sendiri-sendiri. Sebagai contoh, kita memiliki dua buah variabel di dalam program yang kita buat, a dan b. Dalam situasi semacam ini, akan ada dua alamat memori yang dialokasikan untuk kebutuhan program. Alamat pertama digunakan untuk menyimpan nilai dari variabel a dan alamat kedua untuk variabel b.

Setelah dideklarasikan, variabel dapat digunakan untuk menyimpan nilai yang dibutuhkan dengan menggunakan bentuk umum seperti berikut:

Nama Variabel - Nilai:

Berikut ini adalah contoh kode yang digunakan untuk mengisikan nilai ke dalam variabel.

Apabila kita ingin mendeklarasikan beberapa variabel dengan tipe sama, maka kita dapat menulisnya dalam satu baris kode, dengan cara memisahkan variabel-variabel tersebut menggunakan tanda koma.

int x, y, z;

Kode di atas akan mendeklarasikan variabel x, y, dan z yang semuanya bertipe int.

Hal lain yang perlu Anda ingat saat bekerja dengan variabel adalah jenis nilai yang diisikan ke dalam variabel harus sesuai atau cocok (compatible) dengan tipe data yang digunakan saat mendeklarasikan variabel bersangkutan. Tidak harus sama, tapi cocok. Sebagai contoh, kita bisa saja memasukkan nilai dari tipe int ke variabel dari tipe 1ong, seperti yang ditunjukkan oleh kode berikut:

Berikut ini adalah contoh kode program yang menunjukkan cara pendeklarasian dan penggunaan variabel.

Inisialisasi Variabel

Satu-satunya cara yang sejauh ini kita gunakan untuk mengisikan nilai ke dalam variabel adalah melalui statemen pengisian (assignment). Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan nilai awal ke dalam variabel pada saat variabel tersebut dideklarasikan. Proses seperti ini sering disebut inisialisasi, atau pengisian nilai awal. Dalam C#, inisialisasi variabel dilakukan menggunakan bentuk umum seperti berikut:

Baca Juga >> Indentifer pada Pemrograman

Tipe Data Nama Variabel = NilaiAwal;

Berikut ini adalah contoh-contoh statemen yang melakukan inisialisasi nilai terhadap variabel

Anda juga dapat melakukan inisialisasi dengan cara seperti berikut:

int a, b = 9, c;

Kode di atas hanya akan mengisi nilai awal ke dalam variabel b, sedangkan a dan c adalah variabel yang belum diinisialisasi.

Inisialisasi variabel juga dilakukan secara dinamis. Artinya, nilai yang digunakan untuk inisialisasi diambil langsung dari hasil perhitungan lain. Berikut ini contoh kode yang menunjukkan proses inisialisasi dinamis.

Dikatakan dinamis karena nilai yang akan dimasukkan ke dalam variabel

luas ditentukan dari nilai variabel panjang dan lebar. Berikut ini adalah contoh kode program yang menunjukkan proses inisialisasi variabel di dalam C#.

Kata Kunci var

Normalnya, suatu variabel akan dideklarasikan menggunakan tipe data tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa variabel tersebut akan. digunakan untuk menyimpan nilai yang berasal dari tipe data bersangkutan. Sebagai contoh, perhatikan kode berikut:

int x;

Pada kode di atas, variabel x hanya akan dapat diisi nilai dari tipe data int atau tipe data lain yang cocok dengan tipe int. Pada pendeklarasian variabel.  di atas, penentuan tipe data dilakukan secara eksplisit (dituliskan langsung). Dalam konteks pendeklarasian variabel, C# mendukung fitur yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman lain (misalnya C/C++), yaitu dengan menentukan tipe data dari suatu variabel secara implisit. Dalam situasi semacam ini, tipe data dari variabel tersebut akan ditentukan secara otomatis oleh kompilator, tergantung dari nilai yang dimasukkan ke dalamnya. Untuk melakukan hal ini, kita perlu mendeklarasikan variabel dengan kata kunci var, seperti yang ditunjukkan pada bentuk umum berikut:

var NamaVariabel = NilaiAwal;

Hal yang perlu Anda perhatikan baik-baik di sini adalah, variabel yang dideklarasikan menggunakan kata kunci var harus memiliki nilai awal.

Perhatikan juga kode berikut:

Pada contoh di atas, secara implisit kompilator akan menganggap variabel a bertipe int, b bertipe double, c bertipe char, dan d bertipe float. Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan adalah kata kunci var tidak dapat digunakan untuk mendeklarasikan beberapa variabel dalam satu baris kode. Dengan demikian, kode di bawah ini akan dianggap salah oleh kompilator C#.

var a=10, b=4.95, c=’B’, b=4.95F;

Berikut ini adalah program yang akan menunjukkan penggunaan variabel yang dideklarasikan menggunakan kata kunci var.

Variabel dengan tipe data implisit tidak ditujukan untuk penggunaan normal, melainkan untuk situasi-situasi tertentu saja, misalnya yang berhubungan dengan Link-Integrated Query (LINQ). Untuk penggunaan umum, kita seharusnya tetap menggunakan variabel yang tipe datanya dideklarasikan secara eksplisit. :

Lingkup dan Daur Hidup Variabel

Variabel yang dideklarasikan di dalam suatu blok tertentu, hanya akan dikenal oleh blok bersangkutan atau blok-blok lain yang dibuat di dalam blok tersebut. Sejauh ini, kita mendeklarasikan variabel-variabel di dalam metode Main (). Dengan demikian, variabel-variabel tersebut hanya akan dikenal di lingkup metode Main () saja. Blok-blok lain yang didefinisikan di luar metode Main() tidak akan mengenali variabel-variabel yang dideKlarasikan di dalam Main () . Perhatikan program berikut:

Pada program di atas kita memiliki tiga buah variabel: a, i, dan n. Variabel a dideklarasikan di dalam metode CetakNilai () sehingga variabel tersebut hanya dikenal atau dapat digunakan di lingkungan CetakNilai() saja. Selanjutnya, variabel i dideklarasikan di dalam blok if. Hal ini menjadikan variabel tersebut juga hanya bisa diakses oleh blok if. Terakhir, variabel n dideklarasikan di dalam metode Main (). Variabel ini hanya dapat diakses di lingkungan Main (), metode CetakNilai() tetap tidak dapat mengakses variabel ini. Blok if diizinkan mengakses variabel n karena blok i £ terletak di dalam metode Main ().

Membaca Data dari Keyboard

Salah satu kebutuhan di dalam program console adalah memasukkan suatu nilai yang dibaca melalui keyboard ke dalam sebuah variabel. Dalam C#, proses pembacaan data dari layar console akan selalu dianggap bertipe teks (string). Apabila data yang akan dimasukkan bertipe numerik maka kita perlu melakukan konversi dari tipe string ke tipe numerik terlebih dahulu, yaitu dengan menggunakan metode TryParse (). Dengan demikian, data numerik tersebut dapat diproses sesuai kebutuhan program. Konversi tipe data juga diperlukan pada saat kita membaca data bertipe karakter karena dalam C# karakter dan teks dianggap tipe yang berbeda.

Membaca Data Bertipe Teks

Untuk data bertipe teks, proses pembacaan data dapat dilakukan dengan mudah tanpa perlu adanya konversi tipe. Berikut ini contoh program yang menunjukkan hal tersebut.

Membaca Data Bertipe Karakter

Meskipun karakter sebenarnya merupakan bagian dari teks, namun penanganan proses pembacaan data karakter tidak dapat diperlakukan seperti teks. Untuk membaca data dengan tipe karakter, kita perlu melakukan konversi dari tipe teks ke karakter. Berikut ini contoh kode program yang akan menunjukkan hal tersebut.

Proses konversi dilakukan menggunakan metode TryParse (), dengan cara melewatkan variabel c sebagai parameter keluaran (dengan menyertakan kata kunci out di depan parameternya). Apabila data yang dimasukkan tidak dapat dikonversi ke tipe karakter maka metode. TryParse () akan mengembalikan nilai false.

Membaca Data Bertipe Numerik

Untuk membaca data bertipe numerik kita juga memerlukan proses konversi, sama seperti pada saat membaca data bertipe karakter. Penanganan antara bilangan bulat dan bilangan riil juga harus diperhatikan dalam melakukan proses ini. Berikut ini kode program yang akan menunjukan pembacaan data bertipe bilangan bulat dan bilangan riil.

Selain menggunakan metode TryParse (), kita juga dapat menggunakan metode Parse () dan kelas Converter untuk melakukan konversi tipe data. Cara-cara ini dapat dijadikan alternatif untuk membaca data yang dimasukkan melalui keyboard. Berikut ini kode program yang akan menunjukan hal tersebut.

Konstanta

Konstanta adalah suatu pengenal yang berguna untuk menyimpan nilai yang dibutuhkan oleh program, mirip dengan variabel. Perbedaannya, nilai konstanta tidak dapat diubah, tidak seperti variabel.

Untuk mendefinisikan konstanta di dalam C#, kita perlu menggunakan kata kunci const, dengan bentuk umum seperti berikut:

const Tipe Data NamaKonstanta = Nilai;

Berikut ini contoh pendefinisian konstanta dalam C#.

Perlu Anda perhatikan bahwa kata kunci const tidak dapat diterapkan untuk anggota kelas yang bersifat statis, seperti yang ditunjukkan oleh program berikut:

Pada kode di atas kita menjadikan konstanta P1 sebagai anggota kelas yang bersifat static. Hal ini tidak diperbolehkan oleh kompilator dan akan menyebabkan kode tidak dapat dikompilasi.

Baca Juga >> Mengenal Elemet C#